18 Oktober 2009

Just Quick Updates, guys....

*Geeee.... kayak artis aje gue....*

I just wanna post random things, guys... here are they :

1. Judul Skripsi

Okaaay, setelah dihebohkan dengan skripsi saya yang berjudul "Perhitungan Dot Vektor Dimensi 2 Input 4 Bit Rangkaian Digital Berdasarkan Aljabar Boolean", jujur aja merasa hidup saya ga tenang. Judul keren, tapi ga terlalu ngerti. Okay, saya ga Oon-oon amat sih tentang hal ini. saya ngerti tahap-tahapnya, ngerti prinsip vektor, aljabar boolean. Tapi yang saya ga ngerti adalaaah... kenapa rangkaiannya bisa seperti itu??? ada input di full adder, multiplier, multiplekser, decoder, dan terakhir keluar output yang diterjemahkan oleh seven segmen. Seven segmennya gini nih :

Pasti udah sering lihat kan? Biasanya ada di jam digital, di lampu merah, kalkulator, de el el. Nah, menurut kacamata saya, hasil dot vektor itulah yang nanti akan diterjemahkan si seven segmen ini berupa angka. Misal kita punya vektor dimensi 2, u = (1,2) dan v=(3,4). Perhitungan dot vektor secara aljabar adalah : u.v = u1.v1 + u2.v2 = 1.3 + 2.4 = 11. Nah, in the other way (melalui ragkaian digital), perhitungan dot vektor ini akan keluar di seven segmen berupa angka, yaitu 11. Yah, singkatnya seperti kalkulator laah... tinggal entri angka, trus pencet tanda "=", langsung deh keluar hasilnya. Tapiii, berhubung saya bukan mahasiswa informatika, ilmu komputer, apalagi teknik elektro, saya terkendala dengan rangkaiannya karena ga pernah belajar (padahal prinsip rangkaiannya itu aljabar boolean lho). Setelah konsultasi di hari Rabu kemarin, Dosen Pembimbing saya menyatakan "saya tidak sanggup". Gyahaha.. beliau aja ga sanggup apalagi saya? Yah, akhirnya saya mengusulkan judul cadangan (lagi), tentang Tie Set dari Graph. Beliau bilang, coba cari formulasinya, corat-coret aja dulu, baru nanti dibikin proposal (diketik maksudnya). Dan saya menyanggupi.

2. Tie Set

Ini (calon) topik skripsi saya pengganti aljabar boolean, tapi susah banget nyari referensinya. Jadi, atas usul dari Mia, topiknya diganti saja jadi Cut Set (komplemennya Tie Set). Mengenai judulnya, ntar aja saya kasih tau kalo udah pasti (emang ada yang pengen tau gitu? hahaha).

3. Sakit

Gara-gara ngurusin skripsi ini, Jumat malam saya jatuh sakit. Jumat siang jam 11 pergi ke rumah Mia (di Banjarmasin) buat belajar. Jam 2 pulang. Jam 2.30 nyampe rumah. Jam 3.30 berangkat les. Trus jam 6.00 selesai les langsung berangkat menuju Banjarbaru. Jam 8 kurang sampe kos. Apa yang terjadi? Saya tepar euy.. huhuhu... (FYI : Banjarmasin - Banjarbaru berjarak 35 km). Padahal rencananya malam itu saya mau ngerjakan bab 1 - bab 3, trus sabtu pagi konsultasi. Trus siangnya pulang ke Banjarmasin lagi buat les. Eeeh, akhirnya sabtunya saya malah ke Rumah Sakit Banjarbaru buat berobat, huhuhu..... Yah, rencana gagal deh... Manusia hanya bisa berusaha, tapi Allah punya rencana lain ternyata... Mungkin saya disuruh banyak istirahat berhubung terlalu sibuk...

4. Bentrok

Sebentar lagi saya seminar proposal, tepatnya tanggal 23, 24, 30, 31 Oktober 2009. Alhamdulillah, saya (yang proposalnya masih amburadul) ini kena di tanggal 31 Oktober. Segala puji bagi-Mu yaa Allah, Kau Maha Mengerti.... Tapi setelah saya ingat-ingat, 31 itu kan tanggal Reuni Akbar SMA yaaa?? Yaaaaah, sempat datang ga? moga masih sempat datang..... Udah lama sekali ga ngumpul sama teman-teman...

Wish me luck guys.... and I wish you get luck too... Have a great weekend!! See yaaa....



1 comments:

Anonim mengatakan...

sabar ya nin,,, skripsi memang banyaaaaaakkkkk sekali cobaannya, aku terancam tak bsa bekajal november nah T_T,, doakan aku nin lah.. tapi sekarang jd bs lbh sabar :)
waaww,, judul skripsimu,,, ak kd ngerti hehe..

Posting Komentar