29 September 2009

Istiqomah itu apa sih?

Sering kan kita mendengar kata "istiqomah"?. Misalnya kita baru saja memakai kerudung, trus teman kita bilang "keep istiqomah ya ukhti...". Atau pas kita habis melakukan sesuatu, teman kita bilang "yah, asal istiqomah aja sih" dengan maksud ia menginginkan kita untuk bisa mempertanggungjawabkan apa yang telah kita lakukan di kemudian hari. Atau... untuk memberikan semangat kepada sahabat, seringkali mereka bilang "tetap istiqomah ya sobat... semangat!!". Nah terus Istiqomah dalam kacamata Islam itu seperti apa sih? Here are the definitions......


Kata "Istiqomah" secara bahasa berarti :

Tegak dan Lurus

Sedangkan secara Istilah, para salafus shalih memberikan beberapa definisi, diantaranya :
  1. Abu Bakar Ash Shiddiq radhiallahu 'anhu : "Hendaknya kamu tidak menyekutukan Allah dengan apapun juga".
  2. Umar bin Khattab radhiallahu 'anhu : "Hendaknya kita bertahan dalam satu perintah atau larangan, tidak berpaling seperti berpalingnya seekor musang".
  3. Utsman bin Affan radhiallahu 'anhu : "Istiqomah artinya ikhlas".
  4. Ali bin Abi Thalib radhiallahu 'anhu : "Istiqomah adalah melaksanakan kewajian".
  5. Ibnu Abbas radhiallahu 'anhu : "Istiqomah mengandung 3 macam arti : Istiqomah dengan lisan (yaitu bertahan terus mengucapkan kalimat syahadat), istiqomah dengan hati (artinya terus melakukan niat yang jujur) dan istiqomah dengan jiwa (senantiasa melaksanakan ibadah dan ketaatan secara terus-menerus).
  6. Ar Raaghib : "Tetap berada di atas jalan yang lurus" [istiqomah, Dr. Ahmad bin Yusuf Ad Duraiwisy, Darul Haq].
  7. Imam An Nawawi : "Tetap alam ketaatan" (Kitab Riyadhus Shalihin). Sehingga Istiqomah mengandung pengertian : "tetap dalam ketaatan dan di atas jalan yang lurus dalam beribadah kepada Allah 'Azza wa Jalla".
  8. Mujahid : “Istiqamah adalah komitmen terhadap syahadat tauhid sampai bertemu dengan Allah Taala”.
  9. Ibnu Taimiah : “Mereka beristiqamah dalam mencintai dan beribadah kepada-Nya tanpa menoleh kiri kanan”.Dengan kata lain istiqomah mengandung suatu arti mendalam dalam beribadah kepada-Nya, mencintai sepenuh hati dalam mencari Ridha-Nya.


Seseorang yang istiqomah memiliki pendirian yang stabil dalam menuju Ridha Allah. Dia tidak tergoyahkan oleh usia, lingkungan atau ujian dan cercaan. Dia bagaikan karang yang melawan tempaan ombak. (oasetarbiyah)


:idea::idea::idea:


Oooo... gitu tho... Satu kata yang bisa saya rangkum. Istiqomah berarti konsisten dalam berbuat kebaikan. Teguh pendirian dan tidak tergoyahkan oleh berbagai macam rintangan dalam beribadah kepada Allah SWT. Eh, tapi jangan disalahartikan lho ya, misalnya buat teman kita yang hobby bikin "catatan kecil pas ujian" (alias ngerpe), trus kita kasih semangat "keep istiqomah ya ngerpenya!! Ntar gue nyontek lu daah...!!". Waaah... itu sih bukan istiqomah namanya.... hehehehe.....
Semoga kita bisa terus Istiqomah yaaa.....


Regards,

-Nina-

Sumber :




5 comments:

Elsa mengatakan...

di antara semua sahabat, aku paling ngefans sama Abu Bakar dan Umar. hehehehe...gak tau kenapa.

semoga kita selalu bisa istiqomah ya

Anonim mengatakan...

alhamdulillah, thanks yah buat share nya....

Bondan mengatakan...

Askum shbt sklian .. Tank's bwt ilmuny, istikomah artiny ikhlas berkomitmen beribadah kpd Allah ta'ala,
ya ..!

Ustadz Hendri Purnama mengatakan...

Sebaiknya referensi tulisan ini turut dilampirkan supaya para pembaca bisa merujuk sumber aslinya secara lebih mendalam.

muhammad akbar mengatakan...

asalammu'alaikum ya ukhti...
terimaksih penjelasannya,
sangat bermanfaaaaaaatttttt :)

Poskan Komentar