26 Oktober 2009

Apakah Bintang Itu Telah Tiada?



Since I was in Senior High School, I love to see the stars. Kerlap-kerlip bintang di langit membuat saya semakin bersyukur atas karunia-Nya... Atas nikmat untuk melihat kuasa-Nya atas semesta ini. Subhanallah....

Timing favorit saya untuk melihat bintang adalah sekitar pukul 8 malam (ba'da Isya). Ada satu bintang yang cahayanya paling terang, dulu sih saya namakan Bintang Kejora because its brightful light, hehehe.... Letaknya di sebelah Barat Daya. Ketika bintang lain seakan tak nampak, Ia tetap hadir disana. Namun, menginjak bangku kuliah, saya seakan "lupa" sama bintang ini karna sibuk dengan berbagai aktivitas.

Dan beberapa minggu yang lalu, saya teringat kembali, ketika membuka pintu kamar kost, saya melihat bintang itu ada disana. Entahlah, apa Ia bintang yang selalu saya lihat di masa lalu? Well, I don't know.... Tapi yang pasti, Ia bersinar sangat terang.. Bahkan beberapa hari yang lalu ukurannya terlihat sedikit lebih besar dari biasa, dan cahayanya berwarna kuning dengan warna biru disekelilingnya... What a beautiful star! Kemudian saya masuk kamar, melanjutkan aktivitas, trus beberapa jam kemudian keluar lagi untuk memotret, eh ternyata bintangnya hilang! Where's my star? Well, sempat terjadi sedikit kehebohan antar tetangga kost bahwa bintang itu sebenarnya adalah UFO!! (well, it's so weird! Maaf buat teman-teman YM saya yang bingung dengan status-status anak kost yang GeJe itu, khususnya Mr. Bee.... Peace, ka!!).

Malam ini, saya melihatnya lagi.... yang kemudian menghilang beberapa jam kemudian. Sejenak saya berpikir, kemana bintang itu?. Dan kemudian saya baru sadar bahwa : Bumi kita berputar!! Ya berputar... !! Karna itulah posisi bintangnya berubah... hahaha... (well, maklum agak sedikit lemot akhir-akhir ini). Jadi ternyata berhubung ruang pandang saya sangat terbatas, hanya beberapa meter persegi (berhubung cuman lihat dari teras kamar), makanya posisi bintang itu tak lagi kelihatan...

Ada sedikit info tentang perbintangan yang saya dapatkan dari berbagai sumber.. Here is the information :

:star: Bintang adalah benda langit yang memancarakan cahaya. Dalam ilmu astronomi Bintang adalah Semua benda masif (bermassa antara 0,08 hingga 200 massa matahari) yang sedang dan pernah melangsungkan pembangkitan energi melalui reaksi fusi nuklir.

:star: Jika yg dimaksud "bintang" adalah matahari maka waktu yg dibutuhkan hanya +/- 8 menit agar cahayanya sampai ke Bumi.

:star: Sedangkan bintang terdekat kedua adalah Proxima centauri yang terletak pada gugusan bintang Alpha centauri, yang membutuhkan waktu tempuh 4,421 Tahun cahaya. Jadi cahaya yang kita lihat sekarang dari Proxima centauri adalah cahaya dari 4 tahun yg lalu....


:star::star::star:

Lalu saya berpikir, jika bintang dengan jarak yang sangat jauh berjarak 10000 tahun cahaya, berarti yang kita lihat adalah bintang yang bersinar 10000 tahun yang lalu.... Yang bisa saja bintang itu sekarang sudah tak ada lagi di galaksi ini... Hiks... jadi sedih... Lalu, bagaimana dengan bintang yang barusan saya lihat? Apakah ia masih ada sekarang? Ataukah telah tiada? Wallahualam...


for the :star: that I saw few hours ago, I hope you're still there...
Still shines this world, until the end of time....


1 comments:

Elsa mengatakan...

aku lebih suka melihat bintang daripada bulan....

Posting Komentar