14 Februari 2009

Valentine's Day ?

Menurut anak muda, today, February 14th, is a Valentine's day. Meskipun tidak merayakannya, tapi saya penasaran juga pengen tau gimana sejarahnya....




Seperti biasa, googling lagi.... hihihi....
And finally, I found this site :
http://al-islahonline.com/bca.php?idartikel=93

Begini ceritanya:

Sejarah Valentine

Valentine adalah nama seseorang pemimpin agama Katolik yang telah dianggap menjadi martir (Islam : Syuhada- oleh orang-orang Kristen (katolik)) dan Valentine telah diberi gelar sebagai orang suci (Santo) oleh orang-orang Kristen.

Kisahnya bermula ketika raja Claudius II (268 - 270 M) mempunyai kebijakan yang melarang prajurit-prajurit-nya untuk menikah. Menurut raja Claudius II, bahwa dengan tidak menikah maka para prajurit akan agresif dan potensial dalam berperang.

Kebijakan ini ditentang oleh Santo Valentine dan Santo Marius, mereka berdua secara diam-diam tetap menikahkan para parujurit dan muda-mudi, lama-kelamaan tindakan mereka diketahui oleh raja Claudius, sang rajapun marah dan memutuskan untuk memberikan sangsi kepada Valentine dan santo Marius yaitu berupa hukuman mati.

Sebelum dihukum mati, Santo Valentine dan Santo Marius dipenjarakan dahulu, dalam penjara Valentine berkenalan dengan seorang gadis anak sipir penjara, kemudian gadis ini setia menjenguk valentine hingga menjelang kematian Valentine. Sebelum Valentine dihukum mati, Valentine masih sempat menulis pesan kepada gadis kenalannya, yang isinya :

From Your Valentine


Setelah kematian Santo Valentine dan Santo Marius, orang-orang selalu mengingat kedua santo tersebut dan merayakannya sebagai bentuk ekspresi cinta kasih Valentine, dua-ratus tahun kemudian yaitu tahun 496 Masehi setelah kematian Santo Valentine dan Santo Marius, Paus Galasius meresmikan tanggal 14 Pebruari 496 sebagai hari Velentine.

Itulah sejarah hari Valentine yang ternyata untuk mengenang dan memperingati dua orang suci Kristen Katolik yang mengorbankan jiwanya demi kasih sayang.

Ada versi lain tentang sejarah Valentine, yaitu pada masa Romawi Kuno, tanggal 14 Februari merupakan hari raya untuk memperingati dewi Juno, dewi Juno adalah ratu dari segala dewa dan dewi, orang-orang Romawi kuno juga meyakini bahwa dewi Juno adalah dewi bagi kaum perempuan dan perkawinan ?dewi cinta.

Pada tanggal 14 Februari orang-orang Romawi kuno mengadakan perayaan untuk memperingati Dewi Juno dengan cara memisahkan kaum laki-laki dan perempuan. Nama-nama remaja perempuan ditulis pada potongan kertas lalu digulung dan dimasukkan ke dalam botol, setelah itu para laki-laki mengambil satu kertas sebagai, setiap laki-laki akan mendapatkan pasangan sesuai nama yang didapat dalam undian tersebut, bila kemudian mereka ada kecocokan maka mereka akan melangsungkan pernikahan dihari-hari berikutnya.


***

Well, sejarah Hari Valentine ini banyak versinya, salah-dua-nya cerita diatas itu...
Saya juga pernah baca Buku "Valentine Day, Happy New Year, April Mop, Halloween : So What?" (Karangan Rizki Ridyasmara, Pustaka Alkausar : 2005).
Isi bukunya kurang-lebih seperti artikel diatas. Selain itu dibahas juga tentang sejarah April Mop, Halloween dan Tahun Baru. That's a great book! Setelah baca, saya jadi ngerti gimana sejarah tradisi-tradisi tersebut (khususnya tradisi April Mop yang bikin saya sedih sekali.... karena katanya di tanggal 1 April itu ribuan tentara Salib membantai umat Islam Spanyol tanpa rasa belas kasihan.... T_T.... Hmmm.. cerita ini juga banyak versinya, tapi ya ngapain juga pakai acara-acara Pembodohan seperti April Mop? Yang jelas, yang namanya bohong kan dosa...). Dari baca sejarah itu saya juga lebih berhati-hati dan ga mengamini sesuatu yang bertentangan dengan agama saya....

Dari berbagai macam versi, dapat disimpulkan bahwa:
Hari Valentine ini tidaklah termasuk dalam Ajaran Islam. Jadi, untuk umat Muslim, haruslah tidak merayakannya. Karena Allah pernah berfirman :

"Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati semuanya akan diminta pertanggungjawabannya"
(QS. Al-Isra: 36)

Terlepas dari tradisi Valentine yang tidak ada dalam ajaran Islam, bagi saya "Everyday is a loving day". Ga usah nunggu tanggal 14 Februari, ga perlu ngasih coklat, ga perlu ngasih bantal hati, ga perlu pakai pernak-pernik pink untuk menyatakan kasih sayang...
Just show your love with your own ways for everything that you love, every single day..... ^^v


Best Regards,


-Nina-

0 comments:

Poskan Komentar