11 Maret 2009

Insomnia

Alhamdulillah.... segala puji bagi-Nya... tadi malam akhirnya saya bisa tidur dengan nyenyak... (well, setelah menelan 1 tablet panadol hijau yang dikasih deacy sebenarnya, thanks sist.. ^^).
Senin malam insomnia saya kumat.. Sampai subuh saya tidak bisa tidur. Yang saya lakukan hanyalah mencoba menutup mata.. dan berharap akan segera bermimpi dengan indahnya...
Hmmmm.... setelah saya analisis (walah...gayane...), saya menyimpulkan sebab musabab saya terserang insomnia lagi adalah karena :
1. A glass of ice coffee
Ya kopi. pas makan malam, entah kenapa saya ngidam pengen menemani sepiring nasi dengan segelas kopi dingin (kombinasi yang agak ga nyambung ya.. --"). Sebenarnya sebelumnya saya cukup sering melakukan ritual minum kopi di malam hari, yang kemudian sukses menghantarkan saya ke dalam tidur yang nyenyak. Tapi, ternyata malam itu saya kurang beruntung. Mungkin kafein dalam darah saya sudah terakumulasi sehingga malam itu mereka saling bekerja sama untuk melumpuhkan kemampuan tubuh saya yang lelah untuk beristirahat, hahaha....

2. Too excited

Nah, mungkin yang berperan cukup banyak adalah karena saya terlalu bersemangat. Lho lho...kok bisa?? Nah, itu dia.. kalo saya punya suatu planning, trus semangat buat menjalaninya, seringkali itu membuat tidur saya tidak nyenyak karena ga sabar nunggu keesokan hari. Sepertinya ini nih biang keroknya. Malam itu saya merencanakan sesuatu dengan kakak saya dan saya pikir it would be great kalo itu segera dilaksanakan. Jadi, ya saya kepikiran sampai sulit tidur... hihihi..

3. Skripsi Under Pressure

Ini dia 'derita' mahasiswa semester akhir. Yaitu problema skripsi. Sampai sekarang saya masih belum menemukan judul yang klik. Well, kemarin udah dapat sih, cuma masih belum terlalu ngerti, jadi agak-agak sungkan konsultasi sama Dosen... Semoga sebentar lagi ada pencerahan...

Nah, mungkin 3 sebab itulah yang menyebabkan saya terserang insomnia. Saya mencoba beberapa hal berikut (tapi ternyata tidak berhasil), tapi semoga bisa berhasil jika teman-teman mempraktikkannya jika serangan ini terjadi. Here are they :

1. Menghitung domba
Hahaha.... saya mencoba menghitung domba dengan mengandaikannya saja di dalam pikiran. Ga seperti Mr. Bean yang memang punya gambar domba itu sendiri. But it didn't work for me karena saya jadi bosan karena dombanya ga habis-habis.... hohoho...

2. Membaca buku

Buku yang saya baca malam itu adalah 'The Kite Runner' karangan Khaled Hosseni. Novel ini adalah novel Afghanistan pertama yang ditulis dalam bahasa Inggris. Sebenarnya novel ini sudah difilmkan, tapi saya masih belum nonton.
Di halaman ke seratus sekian, ada kata kata begini "Pikirkan sesuatu yang menyenangkan", Baba membisikkan kalimat itu ke telingaku. "sesuatu yang membahagiakan".
Wah, saya pikir oke juga nih kalo saya mencoba untuk memikirkan sesuatu yang menyenangkan biar cepat ngantuk..

3. Membayangkan sesuatu yang menyenangkan

Atas saran dari buku, I tried to imagine the beautiful things. Harusnya ini bisa bekerja dengan baik, tapi ternyata masih belum ampuh untuk menaklukkan insomnia itu... hmmmm.... tapi semoga saja, yang saya bayangkan bisa terealisasi di kemudian hari... Aamiin....

Nah, cara diatas adalah usaha untuk mengobati insomnia versi saya, semoga bisa membantu teman-teman (biarpun untuk saya waktu ini masih belum berhasil, hihihi).
Tadi saya sempat googling gimana caranya supaya bisa sembuh dari insomnia ini. Ini dia versi mereka....


1. Pengertian Insomnia


Insomnia adalah suatu gangguan tidur yang dialami oleh penderita dengan gejala-gejala selalu merasa letih dan lelah sepanjang hari dan secara terus menerus (lebih dari sepuluh hari) mengalami kesulitan untuk tidur atau selalu terbangun di tengah malam dan tidak dapat kembali tidur. Seringkali penderita terbangun lebih cepat dari yang diinginkannya dan tidak dapat kembali tidur.

Ada tiga jenis gangguan insomnia, yaitu:

  • susah tidur (sleep onset insomnia),
  • selalu terbangun di tengah malam (sleep maintenance insomnia), dan
  • selalu bangun jauh lebih cepat dari yang diinginkan (early awakening insomnia).
Cukup banyak orang yang mengalami satu dari ketiga jenis gangguan tidur ini. Dalam penelitian dilaporkan bahwa di Amerika Serikat sekitar 15 persen dari total populasi mengalami gangguan insomnia yang cukup serius.
Gangguan tidur insomnia merupakan gangguan yang belum serius jika anda alami kurang dari sepuluh hari. Untuk mengatasi gangguan ini kita dapat menggunakan teknik-teknik relaksasi dan pemrograman bawah sadar. Yang penting kita harus dapat menjaga keseimbangan frekuensi gelombang otak agar sesering mungkin berada dalam kondisi relaks dan meditatif sehingga ketika kita harus tidur kita tidak mengalami kesulitan untuk menurunkan gelombang otak ke frekuensi delta.

2. Penyebab Insomnia
  • Kopi -->> kafein

  • Rokok -->> nikotin
  • Makanan pedas dan asam juga dapat membuat usaha anda untuk tidur gagal karena mereka dapat membuat perut anda terasa panas dan nyeri, terutama yang memiliki riwayat maag
  • Gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari

3. Tips Untuk Mencegah Insomnia
  • Tidak pergi ke tempat tidur anda sampai anda merasa lelah.
  • Aturlah jadwal tetap untuk bangun pagi hari, bahkan saat akhir minggu.
  • Tidak tidur saat siang hari.
  • Hindari kafein, alkohol dan nikotin (rokok) pada malam hari.
  • Tidak menonton televise, makan atau membaca di tempat tidur.
  • Biasakan mengatur waktu tidur yang sama setiap malamnya.
  • Hindari aktifitas yang berat 3 jam sebelum waktu tidur.
  • Segera keluar dari tempat tidur anda bila anda tidak dapat tertidur.
  • Olahraga secara teratur terutama pada saat siang hari. Karena olahraga pada siang hari dapat meningkatkan konsentrasi, menjaga berat badan anda, mengatur tekanan darah dan kolesterol anda terjaga baik serta menghilangkan stress.
***

Semoga serangan insomnia bisa diminimalkan dengan mematuhi anjuran diatas.. Mari hidup sehat.... (^_^)/


Regards,

-Nina-

Sumber:
http://www.sinarharapan.co.id/ekonomi/mandiri/2002/02/1/man01.html
http://id.shvoong.com/medicine-and-health/1829403-penyebab-insomnia-dan-cara-mengatasinya/

2 comments:

Anonim mengatakan...

Nin, jadi gini ya, kemaren aku minum kopi, kopinya habis, aku langsung minum teh, tehnya habis, aku minum kopi. Dan kemudian aku mulai membaca buku yang harus aku bikin rangkumannya buat tugas kuliah, believe it or not, setengah jam kemudian daku sudah berenang di samudra mimpi..
Nanti kalo aku pulang, aku kasihkan deh buku itu ke kamu. Dijamin, buku "The Structure of Scientific Revolutions" karangan Thomas Kuhn it adalah obat insomnia paling menakjubkan...

Hijau Lumut mengatakan...

whaaaaa...... dari judulnya aja udah serem, mba....

lebih asyik kalo bukunya dijadiin bantal aja, hihihi..... ^^v

Posting Komentar