18 Maret 2009

Keprihatinan saya dengan lagu anak-anak sekarang

Masih ingat lirik lagu berikut?
“Waktu hujan turun rintik perlahan. Bintangpun menepi, awan menghitam. Kutimang si buyung belaian sayang. Anakku seorang tidurlah tidur… Ibu mendoa. Ayah menjaga. Agar kau kelak jujur melangkah. Jangan engkau lupa, tanah pusaka. Tanah air kita, Indonesia”.
Lirik di atas adalah lirik lagu “Belaian Sayang”.

Trus, masih ingat lagu ciptaan AT. Mahmud berikut?
“Ambilkan bulan, Bu. Ambilkan bulan, Bu. Yang slalu bersinar di langit. Di langit, bulan benderang. Cahyanya sampai ke bintang. Ambilkan bulan, Bu. Untuk menerangi tidurku yang lelap di malam gelap”.

Di usia saya ke-21 tahun ini saya masih suka menyanyikan lagu anak-anak lho......hihihihi.... Saya suka lagu-lagu itu karena liriknya sarat makna dan iramanya indah.. Ya mungkin ini karena influence ibu saya yang seorang Guru Sekolah Dasar, jadi anak beliau ini juga ikut terbawa-bawa. Hehehe… Tapi pada dasarnya saya suka sekali. I love old songs. Saya suka lagu-lagu barat yang lama (90’s), lagu-lagu perjuangan, lagu-lagu ciptaan AT. Mahmud dan Ibu Sud..
Mungkin orang paling tidak up-date soal lagu-lagu diantara teman-teman sepermainan adalah saya. Soalnya lagu-lagu di lappy saya sebagian besar adalah lagu lama, hahaha…. Well, it’s me… who loves old songs…

***

Nah, yang jadi perhatian saya adalah soal betapa langkanya lagu anak-anak sekarang....
Kalo dulu kita pasti kenal kan sama lagu-lagu dari grup Trio Kwek-kwek, Enno Lerian, Joshua, Mellissa, Cindy Cenora, Sherina Munaf, dan teman-teman?
Trus dengan pencipta-pencipta lagu anak-anak terkenal seperti Papa T. Bob, Momo Agil, AT. Mahmud dan Ibu Sud?
Lantas, ada acara musik untuk anak-anak seperti “Tralala Trilili” di RCTI, “Cilukbaa” di SCTV, “Kring-kring Olala” di TPI, “Arena 123” di TVRI?
(Itu adalah acara kesukaan saya waktu SD, hahaha…. )
Tapi, kok sekarang saya jarang sekali ya mendengar lagu-lagu anak-anak di televisi….? Ya acara musik buat anak-anak memang ada seperti “Idola Cilik” atau “AFI Junior”, tapi kok lagu-lagu yang mereka nyanyikan sebagian (besar) adalah lagu-lagu orang dewasa yang bertemakan “cinta” ya??? Hmmm… menurut saya sih itu kurang pantas dinyanyikan oleh mereka yang notabene masih berusia di bawah 12 tahun. Ya karena ga sesuai dengan usia mereka.
Menurut saya sih, bagusnya mereka nyanyi lagu anak-anak saja atau lagu-lagu perjuangan. Lagu-lagu lama juga ga kalah bagus dengan lagu-lagu sekarang, ya tho??
Hmmm… mungkin mereka menyanyikan lagu-lagu dewasa karena sekarang di televisi buuanyaakkk sekali acara-acara musik (dengan tema : pemeringkatan lagu -->> tangga lagu). Saking banyaknya, saya ga hapal euy… (karena jarang nonton juga sebenarnya, hahaha…). Bahkan, satu stasiun televisi aja sampai punya lebih dari satu acara musik seperti itu… Hmmmm….. mungkin ada bagusnya juga sih untuk ‘perkembangan musik’ tanah air… Tapi, mbok ya lagu anak-anak juga dikembangin dong…. Biar anak-anak bisa mendendangkan lagu yang sesuai dengan umurnya…

***

Jadi….. siapa nih yang harus berperan dalam ‘penyesuaian lagu’ untuk anak-anak??
Pemerintah kah? Atau Guru kah? Atau para artis kah? Atau Event Organizer kah? Atau pihak stasius televisi kah?
Kalo menurut pelajaran PPKn dulu, jawaban yang benar adalah “Seluruh Warga Negara Indonesia”.. ^^v

***

Well, it’s just my point of view…. Ini cuma bentuk keprihtinan saya akan lagu anak-anak sekarang. Semoga suatu hari nanti, semua bisa kembali ke porsinya masing-masing…. I hope so….

Regards,

-Nina-

6 comments:

dwi mengatakan...

hmmmm.....
setuju buanget sama nina...
hidup nina...haha....

ntar kalo saya punya anak mending koleksi n puterin lagu anak2 yang jadul aza.hihi....
yang sekarang aza udah ga terkontrol apa lagi ntar yah....

Nina Rezki Amelia mengatakan...

yup, sudah saatnya semua dikembalikan ke porsinya masing-masing, berdasarkan kategori umur, je...

siipp.... hidup, Dj jua... wahahaha...
sukses buat dnext-diamond-nya yaaa.....
Chayooooooo........

iyoong mengatakan...

nice post.....

kalo gua suka lagu "ambilkan bulan bu..." tp versi five minutes...:D

Nina Rezki Amelia mengatakan...

Oh, ada versi anak band-nya tho...
oke deh, nanti saya coba nyari... ^^
tengs yaa...

Kak Zepe Lagu2anak.blogspot.com mengatakan...

Saya punya solusi nih..
Saya punya koleksi lagu anak-anak..
Sudah ada sekitar 40 lagu..
Lagu yang edukatif, inspiratif, dan motivatif..
Khususnya bai anak-anak…sudah banyak di pakai di TK m PAUD di seluruh nusantara
Bisa ditemukan di http://www.lagu2anak.blogspot.com

Kak Zepe Lagu2anak.blogspot.com mengatakan...

Saya punya solusi nih..
Saya punya koleksi lagu anak-anak..
Sudah ada sekitar 40 lagu..
Lagu yang edukatif, inspiratif, dan motivatif..
Khususnya bai anak-anak…sudah banyak di pakai di TK m PAUD di seluruh nusantara
Bisa ditemukan di http://www.lagu2anak.blogspot.com

Poskan Komentar